Kamis, 31 Mei 2012

Persatuan Bulu Tangkis Indonesia

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia


Persatuan Bulu Tangkis Indonesia
Logo PBSI.jpg
Logo resmi PBSI
Singkatan PBSI
Pembentukan 5 Mei 1951
Jenis Organisasi olahraga
Kantor pusat Jakarta
Ketua Umum Djoko Santoso
Afiliasi BAC
Situs web http://www.pb-pbsi.org/
Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia disingkat PBSI adalah organisasi yang mengatur kegiatan olahraga bulu tangkis di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 5 Mei 1951 di Bandung dengan ketua umum pertamanya adalah A. Rochdi Partaatmadja.

Daftar isi

Sejarah

Pada zaman penjajahan dahulu, ada perkumpulan-perkumpulan bulu tangkis di Indonesia yang bergerak sendiri-sendiri tanpa satu tujuan dan satu cita-cita perjuangan di alam negara merdeka, memang tidak bisa dibiarkan berlangsung terus, sehingga harus diusahakan satu organisasi secara nasional, sebagai organisasi pemersatu.
Untuk menempuh jalan menuju satu wadah organisasi maka cara yang paling tepat adalah mempertemukan tokoh perbulu tangkisan dalam satu kongres. Pada saat itu memang agak sulit untuk berkomunikasi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Satu-satunya yang bisa ditempuh adalah lingkungan Pulau Jawa saja. Itupun bisa ditempuh setelah terbentuknya PORI (Persatuan Olah Raga Republik Indonesia).
Usaha yang dilakukan oleh Sudirman dan kawan-kawan dengan melalui perantara surat yang intinya mengajak mereka untuk mendirikan PBSI membawakan hasil. Maka dalam suatu pertemuan tanggal 5 Mei 1951 di Bandung lahirlah PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) dan pertemuan tersebut dicatat sebagai kongres pertama PBSI. Dengan ketua umumnya A. Rochdi Partaatmadja, ketua I Dick Soedirman, Ketua II: Tri Tjondrokoesoemo, Sekretaris I: Amir, Sekretaris II: E. Soemantri, Bendahara I: Rachim, Bendahara II: Liem Soei Liong.
Dengan adanya kepengurusan tingkat pusat itu maka kepengurusan di tingkat daerah atau propinsi otomatis menjadi cabang yang berubah menjadi Pengda (Pengurus Dareah) sedangkan Pengcab (Pengurus Cabang) adalah nama yang diberikan kepada kepengurusan ditingkat kotamadya atau kabupaten.[1]

Daftar Ketua Umum PBSI

Masa Jabatan ketua PBSI adalah 4 tahun dan dapat dipilih satu kali saja.
No Ketua Umum Mulai Jabatan Akhir Jabatan
1 A. Rochdi Partaatmadja

2 Chairul Tanjung 2000 2004
3 Sutiyoso 2004 2008
4 Djoko Santoso 2008 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar